semoga blog ini dapat menjadi media inspirasi informasi berguna dan sebagai obat kegelisahan..

mengartikan makna, menghayati arti


mengartikan makna berarti mengartikan sebuah pengertian.. saya juga kadang dibingungkan dengan makna. ada apa dengan kata ini? makna sepengertian saya adalah pemahaman yang membuat sesuatu berarti dalam hidup, yang serta merta merombak alam berfikir dan menemukan nilai baru.. kita tak mungkin hidup tanpa nilai.. nah, darimanakah nilai itu berasal?

nilai ini menambah kualitas kita, sehingga dapat lebih mudah berkreasi dan menjalani hidup. Makna kadang, kita peroleh setelah mengetahui atau merasa bahwa diri kita tak bermakna lagi, yang biasanya diujungnya berakhir dengan tindak bunuh diri.. tapi, bagi mereka yang mendapatkan makna dari perasaan ketidakbermaknaan itulah kita melakukan peroses penghayatan arti.. "menemukan dirinya"

menghayati arti: menemukan diri dalam kekosongan (kondisi jatuh: tak bermakna: ditinggal pergi) dalam kondisi ini kita kembali menjadi manusia yang bebas, karena dipaksa memilih berdasarkan suara hati yang tidak bergantung pada yang terbatas (material).. lantaran sangat berdampak bagi masa depan..

dalam penghayatan itu, kita bersentuhan dengan cakrawala tak berbatas, yang melingkupi objek-objek. karena yang 'Mutlak' itulah yang menyelamatkan kita dari lubang kosong (absurb). Dari Cakrawala inilah bertaburan sumber nilai yang selalu kita kejar itu, menjadi pondasi terhadap segala kebaikan dan keadilan. sehingga saat yang terbatas meninggalkan kita, kita masih mendapatkan cinta dari yang Maha Mencintai, Kekasih sejati.. nun, Ia memberi kebebasan terhadap alam untuk bergerak mandiri dan menimbulkan penderitaan-penderitaan, dimana hal itu tak lain mengandung simbol cobaan berupa dramatisasi ilahi yang begitu cantik, membuat kita jatuh bangun tak terperi..

saya telah banyak berceloteh, dan mungkin akan kian menjadi tak bermakna..

makna tak mungkin ada tanpa kehadiran tujuan.. dan keberadaan tujuan meniscayakan tindakan. kita melakukan sesuatu tak lain untuk memperoleh makna.. dan "Mahluk yang paling berguna yaitu mereka yang paling bermanfaat (bermakna) bagi orang lain". limpahan makna ini pula yang membuat hidup kita bahagia.. semoga..

"Pasti gemilang"!!!!!!!!!!!!!



0 komentar:

mengartikan makna, menghayati arti