semoga blog ini dapat menjadi media inspirasi informasi berguna dan sebagai obat kegelisahan..

Apa yang Kucari

Kantor sudah sepi, satu persatu staff balik ke kediaman. Mereka terpaksa menerobos hujan, ada yang bilang sudah ngantuk, mau istirahat. Dalam keluasan ini, saya mencari-cari sesuatu, ekstase, luapan, buncah emosi. Tiba-tiba saya merasa ada yang lenyap di kehidupan. Saya sudah bergerak, kesana, kesitu, ketemu teman, ketemu kawan kantor, ketemu adik-adik. Tapi, yang saya cari tak ada di situ.

Mungkinkah itu waktu? Saya tak tahu. Waktu adalah konsep abstrak yang justru membuat kita bingung. Ia hanya dapat dipahami manusia dalam proses tanda menandai. Ada kumis yang tumbuh, ada daun yang menguning, ada gigi yang kropos, dan ada orang yang tumbang. Tapi, apakah yang kita cari, apa yang saya cari? saya merasa tak ada di waktu.

Mungkinkah itu momen? Saya tak tahu. Momen adalah hal terindah, yang selalu membuat kita merasa ada. Sudah banyak hal yang terjadi, sudah terlihat jejak, sudah tampak perkembangan. Momen selalu membuat kita ingin kembali pada sebuah tempat, suasana, mengingat-ingat hal lucu, pahit, atau mungkin sia-sia. Saya tak bisa membayangkan bagaimana jadinya kalau kenangan itu dihapus? Kadang pula kita ingin melupakan beberapa kenangan, yang menghalangi tapak kita ke depan. Tapi, setelah kutelusuri, bukan ini yang kucari-cari.

Mungkinkah sebuah pristiwa? Yang membuat kita dirubungi kesibukan tak jeda. Sibuk dengan urusan yang tidak habis-habis, ekspektasi dunia yang begitu jauh, sementara langkah kita Cuma secuil. Pristiwa mengembalikan diri kita dari masa depan, yang selalu kita impikan. Misteri yang mungkin kita sudah susun dalam secarik kertas, dalam file komputer, dalam strategi taktis yang datar. Kita ingin menang dan mengalahkan. Kita ingin dipuji dengan capaian kita menempuh waktu. Tapi, apakah ini yang kita cari dan saya cari? Saya lagi-lagi tak tahu.

Sudah terlalu panjang tulisan ini, dan aku sudah mulai lelah. Saya teringat, ini hari Minggu, yang artinya Do Minggo (Hari tuhan). Hari biasa orang ke gereja. Para anak-anak liburan sekolah. Para pegawai bersantai ria baca koran di beranda rumah.

Dan saya hanya mencari diriku di hari minggu.. namun tak menemukan sesuatu..



0 komentar:

Apa yang Kucari