semoga blog ini dapat menjadi media inspirasi informasi berguna dan sebagai obat kegelisahan..

Paqrimpungang


Sebagaimana arti harfiahnya, paqrimpungang adalah sebuah wadah yang menganduung suasana. Ruang bagi manusia yang ingin berbagi cerita. Ia adalah tenda besar bagi kawan yang ingin menumpahkan pikiran dan kreativitas imajinatifnya. Ia menampung kreasi imajiner. Semacam konsep abstrak akan kehidupan, alih-alih penderitaan.

Paqrimpungang boleh dikata semacam penggalian pada yang klasik. Yang kuno untuk diangkat kembali ke permukaan. apakah yang kuno dan unik itu? Yang juga bisa kita kaitkan pada yang akrab, pada suasana dan gestur. Tak lain adalah kebersamaan, atau gotong royong, tepo selirah, suatu konsep tradisional yang begitu dirindukan pada zaman modern ini. ia semacam benang yang merajut ide-ide kita, untuk kebaikan bersama.

Paqrimpungang adalah wadah yang sedang bergerak. Ia menanti perubahan. Ia mengajak kawan-kawan untuk berbuat dan mencipta. Ia mengundang kita untuk kembali bersama-sama mengungkit nilai emosional kita, tentu dengan membagi cerita, yang universal, yang lokal, yang identik, dan yang unik. Cerita yang digali dari pengalaman, dari penghayatan, dan dari interaksi dengan manusia dan alam.

Perubahan apa yang ingin kita capai? Tak lain adalah perubahan peradaban. Paqrimpungang mengidamkan sebuah komunitas yang mengangkat pesan dan makna. Makna ini adalah endapan yang bisa membuat kita menjadi lebih manusiawi dan menghargai kemanusiaan. Paqrimpungang mencita-citakan sebuah masyarakat yang madani, yang lemah lembut, yang cinta damai, yang menghargai perbedaan, yang senang berbagi, dan adil. Sebab, paqrimpungang lahir untuk mengisi kekosongan-kekosongan itu. Manusia modern sebaiknya dimbangi mentalnya dengan kelembutan sastra.

Yah, medan Paqrimpungang adalah medan sastra, medan mental dan jiwa. Paqrimpungang ingin mengisi kekosongan jiwa manusia modern, yang saat ini lebih banyak dipenuhi oleh ambisi, nafsu ataukah hasrat. Manusia yang layaknya robot yang pintar menghitung. Manusia yang dengan mudah mengelola sumberdaya alam untuk dijadikan barang bernilai. Manusia yang dengan mumpuni merubah pola-pola interaksi antara sesamanya. Yang kini lebih mengedapankan unsur material dan transaksional. Kita berinteraksi terhadap sesama lebih pada adanya dorongan saling menguntungkan. Sementara mereka yang tidak punya modal (pengetahuan, kesehatan, dan materi), akan dengan mudah tersingkir dari pergumulan dengan masyarakat. Orang tiba-tiba mengelompokkan diri berdasarkan gaya hidup, citra diri, dan nilai tabungan.

Sastra pun menjadi cermin situasi zamannya. sastra dapat memperhadapkan kita gambaran besar suatu zaman, melalui kisah tokoh-tokohnya, melalui dialog-dialognya, melalui peristiwa-peristiwa yang terjadi. Semangat zaman terekam dengan apik dalam setiap karya sastra. Sastra pun menawarkan pada kita kepenuhan, suatu yang menggelitik kita, suatu yang mengangkat batin kita ke atas. Kalimat-kalimat sastra bak tetesan air murni dari proses penyulingan air keruh.

Lantas, Paqrimpungang melakukan apa? Paqrimpungang adalah gerakan sastra. Ia menampung teman-teman pecinta sastra untuk bersama-sama menggelorakan sastra. Agar sastra di Makassar dapat menggema dan memancing gejolak, ia memancing kita untuk kembali menjadi manusia yang tahu baik dan buruk, alih-alih sadar bahwa manusia kadang tak dapat melepaskan dirinya dari bencana hasrat dan keburukan. Manusia yang punya sisi baik dan buruk, yang berkelindan dalam satu jiwa. Kita pun dibuat linglung untuk menilai seorang manusia.

Mari bergabung, dengan semangat berbagi.. 




0 komentar:

Paqrimpungang